Selasa, 25 Maret 2020 dilakukan sosialisasi di Desa Jombor RT 1 RW 7 Kecamatan Bendosari dilaksanakan jam 07.30. Materi sosialisasi diisi dengan update data jumlah pasien positif corona di Indonesia dan wilayah Sukoharjo, social distancing, physical distancing, cara pencegahan Covid-19 dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), 6 langkah cuci tangan pakai sabun, cara memakai masker yang benar, cara penularan dan bahaya nya virus corona serta cara menyikapi berita hoax di sosial media dengan tujuan agar masyarakat mengetahui cara pencegahan virus corona secara tepat.

Dengan adanya sosialisasi pencegahan covid-19 ini diharapkan masyarakat mengetahui cara yang benar dan tepat untuk pencegahan covid-19 serta dapat menularkan ilmu yang di dapat kepada keluarganya sehingga dapat membantu meminimalkan tertularnya masyarakat dengan virus corona. Sosialisasi dilakukan dengan cara mengumpulkan maksimal 5 Kepala Keluarga di setiap gang nya. Selain sosialisasi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo, Anggota Saka Bakti Husada Univet Bantara Sukoharjo serta pemuda desa Jombor juga melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga dan pembagian sabun cair gratis.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo dan Anggota Saka Bakti Husada Univet Bantara Sukoharjo melakukan sosialisasi ini agar masyarakat desa Jombor tidak panik dan mampu melakukan pencegahan dengan cara yang benar dan tepat seperti selalu makan makanan bergizi seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, minum air putih minimal 8 gelas/hari, rajin berolahraga, tidak merokok, makan makanan yang dimasak sempurna, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker apabila sedang batuk/pilek atau bepergian keluar rumah, jika mengalami demam dan sesak nafas segera ke faskes terdekat.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo dan Anggota Saka Bakti Husada Univet Bantara Sukoharjo mengharpkan kegiatan ini dapat memberikan pengertian dan pemahaman kepada seluruh masyarakat desa Jombor agar lebih mengerti dan memahami bagaimana penularan dan bahaya nya virus corona, lebih waspada cegah sedini mungkin di mulai dari diri sendiri mencontoh perilaku hidup sehat dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo Laksanakan Edukasi Covid-19 Kepada Masyarakat di Desa Jombor Sukoharjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *