Keadaan sejahtera, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Minggu, 11 April 2021 Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo telah menyelenggarakan Seminar Zoom Meeting “Remaja Sehat, Siapa Takut?”. Menurut info dari Nur Ani, S.K.M., M.K.K.K. selaku Ketua Koordinator PMB kegiatan ini yang dihadiri oleh 67 peserta dengan background dari SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan ini dibuka oleh ibu Wartini, S.K.M., M.Sc. selaku Dekan dan Penanggungjawan Tim PMB FKM Univet Bantara.  Kegiatan ini merupakan program kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Tim PMB FKM Univet sebagai upaya promosi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya memperhatikan kesehatan remaja. Ibarat gadget, remaja mempunyai kemampuan multitasking karena remaja sedang proses tumbuh kembangnya, tutur Ibu Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. selaku Dekan FKM Univet Bantara dan sekaligus sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Ibu titik juga menyampaikan bahwa, “The Golden Age atau masa keemasan kedua ini terjadi di usia REMAJA. Apa saja sih perubahan yang terjadi pada tubuh remaja dimasa golgen age? Ini dia!  Tubuh, tingkat kecerdasan dan emosi pada masa ini berkembang sangat pesat. Masa  remaja akan menjadi petualangan seru dimana remaja wajib mencharge  tubuhnya dengan asupan gizi makanan yang seimbang, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memotong kuku dan beraktifitas fisik setiap hari kurang lebih 60 menit. Remaja sehat ditandai dengan Isi kepala yang kreatif, terbuka dengan perubahan dan perbedaan, mencari identitas diri, mulai percaya diri, dan mampu mengambil keputusan sendiri. Kondisi tangan suka bereksperimen, aktif berperan di masyarakat, berupaa mengenal diri sendiri, aktif mengembangkan kualitas diri dan siap mebantu yang membutuhkan. Kondisi hati ; terbuka dan simpatik, suasana hati naik turun, mampu mengungkapkan perasaan, peduli pada diri sendiri dan lingkungan, mulai tertarik pada orang lain secara emosional dan seksual. Terakhir kondisi kaki; sigap bergerak, mengejar cinta, melakukan hobi, menapaki cita-cita dan masa depan, mencari pengalaman dan petualangan”.

Kegiatan seminar ini juga disisipi dengan kegiatan paparan informasi PMB yang disampaikan oleh Yulia Pertiwi, S.K.M., M.K.M. Beliau menyampaikan bahwa saat ini telah dibuka program PMB gelombang I  (Maret – Juni 2021). Kegiatan ini telah berjalan lancar dan diharapkan masyarakat akan lebih antusias dengan keberadaan FKM Univet Sukoharjo.

FKM Univet Bantara Gelar Webinar “REMAJA SEHAT, SIAPA TAKUT?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *