Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Univet Bantara menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum Tahun 2021 secara daring melalui Aplikasi Zoom dan Live Youtube FKM Univet Bantara. Kegiatan ini diikuti sebanyak 307 peserta yang terdiri dari Dosen, Tendik dan Mahasiswa yang ada di FKM Univet Bantara. Pada Tahun 2021 tema yang diusung dalam kegiatan kuliah umum adalah Pendidikan Karakter dan Public Speaking Bagi Mahasiswa Kesehatan. (Sabtu, 30/10/2021)

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Pengawas YPPP Veteran Sukoharjo Drs. H. Sadewo Suharto,M.M., Wakil Rektor Bidang II Univet Bantara Dra. Dewi Susilowati,M.Pd, Dekan dan Wakil Dekan FKM, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat beserta sekretaris Program Studi, Sekretaris Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, seluruh Dosen dan Tendik di FKM.

Narasumber pada kegiatan kuliah umum tahun 2021 yaitu Drs.Budhi Rahardjo,S.H.,M.Si merupakan Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat menyampaikan materi tentang pengenalan pendidikan karakter dan pramukaan dalam kampus kesehatan dan dr.Andri Putranto,M.Si Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta menyampaikan materi tentang mengembangkan soft skill dengan public speaking.

Ketua Panitia Kuliah Umum Tahun 2021, Syefira Ayudia Johar,S.ST.,M.K.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan di FKM Univet Bantara. Kuliah umum merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh Mahasiswa FKM baik Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat dan Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. “Tema Kuliah Umum pada tahun ini ada 2 kata kunci penting yaitu Pendidikan Karakter dan Public Speaking, hal ini menjadi penting untuk membekali mahasiswa di FKM melalui pendidikan karakter diharapakan dapat menjadi modal dasar dalam pengembangan individu yang diwujudkan melalui pendidikan kepramukaan kesehatan dalam bentuk Saka Bhakti Husada, sementara public speaking penting dalam berkomunikasi dalam masyarakat,” terangnya.

Melalui acara ini, Panitia Kegiatan berharap agar kedepan mahasiswa FKM dapat memiliki pribadi yang lebih baik lagi dan memiliki bekal Public Speaking yang lebih berkompeten.

Dekan FKM Univet Bantara Sukoharjo : Titik Haryanti,S.KM.,M.P.H dalam sambutannya menyampaiakan bahwa melalui tema Kuliah Umum pada Tahun 2021 harapannya kedepan kita punya salah satu penciri lulusan mahasiswa Prodi Kesmas dan Prodi RMIK dan memiliki skill khusus pramuka dibidang kesehatan, sementara Public speaking juga penting dan sangat dibutuhkan pada saat berkumikasi dengan masyarakat,

“Melalui kuliah umum ini  saya berharap bahwa mahasiswa yang ada di FKM dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat dengan sebanyak-banyaknya,” harapnya.

Ketua Pengawas YPPP Veteran Sukoharjo, Drs.H. Sadewo Suharto,MM, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada panitia kegiatan kuliah umum karena tema yang diusung dapat yang memberikan masukan kepada mahasiswa agar dapat menjalankan kegiatan masyarakat dengan baik, melalui kuliah umum ini juga tema sangat sesuai dan sangat baik karena akan memberikan tambahan ilmu untuk kegiatan bidang kesehatan yang lebih baik lagi.

 “Pendidikan karakter dan public speaking adalah salah satu kompetensi dan penting yang juga perlu dikuasai oleh dosen dan mahasiswa saat berkomunikasi dengan masyarakat serta sebagaimana  memberikan manfaat sebanyak-banyaknya,” tuturnya.

Wakil Rektor Bidang II Univet Bantara Sukoharjo, Dra.Dewi Susilowati,M.Pd dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan Kuliah Umum Tahun 2021 memberikan pesan keapada Dosen dan Mahasiswa bahwa melalui kegiatan kuliah umum saya berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan dan mempraktikkan karna ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, bagaimana komunikasi yang baik, komunikasi yang diterima oleh orang lain, apalagi di FKM akan banyak langsung berhubungan dengan pasien.

“Saya juga apresiasi dengan adanya FKM Award yang juga perlu melibatkan Mahasiswa. FKM Award tahun ini mudah-mudah dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi Dosen dan Tendik dalam melaksanakan tugasnya dengan baik,”ujarnya.

Kuliah Umum tahun ini ternyata sangat menarik bagi mahsiswa, hal ini ditujukan dari ketertarikan mahsiswa dari Narasumber pada kegiatan Kuliah Umum tahun 2021 ini. “Baru kali ini kuliah umum sangat menarik karena pematerinya asyik” ungkap Inggriya selaku mahasiswa di FKM.

Selain diisi dengan sesi materi dan diskusi, terdapat pula games untuk peserta dan FKM Award. FKM Award merupakan Apresiasi yang diberikan oleh Fakultas kepada Dosen dan Tendik berdasarkan persyarataan yang telah ditentukan sesuai dengan nominasinya. Adapun penerima FKM Award Tahun 2021 ini adalah :Dosen dengan kinerja dengan pendidikan terbaik Tahun 2021 adalah Bapak Farid Setyo Nugroho,S.KM.,M.Kes, Dosen dengan kinerja Publikasi terbaik Tahun 2021 adalah Fahmi Hakam,S.KM.,M.P.H, Dosen dengan kinerja Penelitian terbaik Tahun 2021 adalah Prita Devy Igiany,S.KM.,M.P.H.,Dosen Kinerja dengan pengabdian terbaik tahun 2020 Ibu Fiqi Nurbaya,S.KM.M.Kes, Dosen terfavorit FKM Tahun 2021 adalah Syefira Ayudia Johar,S.ST.,M.K.M. Kemudian Nominasi bagi Tendik adalah Tendik dengan Pelayanan Terbaik jatuh kepada Bima Yunus Z.A.Md dan Tendik Terfavorit Bintang Damar Jagat,S.K.M. (Dewi)

FKM SELENGGARAKAN KULIAH UMUM 2021 DENGAN TEMA “PENDIDIKAN KARAKTER DAN PUBLIC SPEAKING BAGI MAHASISWA KESEHATAN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *