Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan (FKMIK) Univet Bantara kembali menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum Tahun 2022 secara daring melalui Aplikasi Zoom dan Live Youtube FKMIK Univet Bantara. Kegiatan ini diikuti sebanyak 350 peserta yang terdiri dari Dosen, Tendik dan Mahasiswa yang ada di FKMIK Univet Bantara serta peserta dari umu. Pada Tahun 2022 tema yang diusung dalam kegiatan kuliah umum adalah “Pemanfaatan Telemedicine Terhadap Deteksi Dini Gangguan Mental”. (Sabtu, 05/11/2022)

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua YPPP Veteran Sukoharjo Drs. Bambang Margono, M.M., Rektor Univet Bantara Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, Dekan dan Wakil Dekan FKMIK, Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat beserta sekretaris Program Studi, Sekretaris Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, seluruh Dosen dan Tendik di FKM. Narasumber pada kegiatan kuliah umum tahun 2022 yaitu Loveria Sekarrini, S.K.M, M.K.M dosen dan APTKMI menyampaikan materi tentang pemanfaatan telemedicine sebagai upaya peningkatan kesehatan mental dan dr. Susi Suryaningsih, Sp.KJ, M.Kes dari RSUD Fatmawati dan RS Triharsi Solo menyampaikan materi tentang pentingnya menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa.

Ketua Panitia Kuliah Umum Tahun 2022, Prita Devy Igiay, S.Kep., M.P.H dalam sambutannya menyampaikan kuliah umum adalah agenda rutin yang diselenggarakan di FKMIK Univet Bantara yang wajib diikuti oleh Mahasiswa FKMIK baik Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat dan Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, tema yang diusung pada kuliah umum tahun 2022 kali ini disesuaikan dengan masalah kesehatan yang sedang berkembang yaitu terkait kesehatan mental mahasiswa yang mendukung keberhasilan akademis bagi mahasiswa serta telemedicine sebagai informasi tentang layanan kesehatan mental.

Dekan FKMIK Univet Bantara Sukoharjo Wartini, S.KM.,M.Sc dalam sambutannya menyampaikan “masalah kesehatan yangs edang berkembang saat ini salah satunya adalah isu kesehatan mental pada pelajar atau mahasiswa diberbagai negara salah satunya Indonesia kejadian kasus  kesehatan mental pada pelajar dan mahasiwa meningkat lebih dari 60% setelah pandemi Covid-19 sebab itu tema kuliah umum tahun ini berupaya memberikan informasi kepada mahasiswa  FKMIK tentang kesehatan mental dan telemedicine.”,ujarnya.

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh FKMIK karena tanggap terhdapa isu-isu kesehatan mental yang saat ini sedang ramai dibicarakan. Ketua YPPP Veteran Sukoharjo, Drs. Bambang Margono, M.M dalam sambutannya yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan kuliah umum tahun 2022 berharap melalui kuliah umum dapat menjadi contoh mahasiswa tentang perilaku kesehatan di masyarakat.

Selain diisi dengan sesi materi dan diskusi dan games, terdapat FKMIK Award. FKMIK Award merupakan Apresiasi yang diberikan oleh Fakultas kepada Dosen dan Tendik berdasarkan persyarataan yang telah ditentukan sesuai dengan nominasinya. Adapun penerima FKMIK Award Tahun 2022 adalah dosen dengan kinerja pendidikan terbaik (Prita Devy Igiany, S.Kep., M.P.H), dosen dengan kinerja publikasi terbaik (Fahmi Hakam, S.K.M., M.P.H), dosen dengan kinerja penelitian dan pengabdian terbaik (Dewi Puspitosari, S.K.M., M.K.M), dosen favorit (Syefira Ayudia Johar, S.ST., M.K.M, dan tenaga kependidikan dengan pelayanan terbaik dan tervaforit (Bima Yunus, A.Md., Kes). “Dengan adanya apresiasi yang diberikan, kami berharap dosen FKMIK menjadi lebih termotivasi untuk melakukan tri dharma dan tenaga kependidikan juga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa.”, tambah Wartini, S.K.M., M.Sc selaku dekan saat menyerahkan sertifikat penghargaan.

FKMIK UNIVET BANTARA Selenggarakan Kuliah Umum Pemanfaatan Telemedicine Terhadap Deteksi Dini Gangguan Mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *