Sukoharjo, Juni 2022 ~ Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kesehatan (FKMIK) UNIVET BANTARA kembali menorehkan banyak prestasi dalam bidang akademik dari Tim Dosen mapun mahasiswa pada Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D3 RMIK). Prestasi akademik dari Tim Dosen FKMIK adalah lolosnya penelitian pendanaan dikti skema Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT).  Penelitian merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan Tugas utama dosen. Tim Peneliti dari Program Studi Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari Dewi Puspito Sari S.KM.,M.K.M sebagai Ketua Peneliti, Nine Elissa Maharani,S.KM.,M.Kes dan Akhmad Azmiardi,S.KM.,M.K.M sebagai Anggota Peneliti telah berhasil lolos sebagai Penerima Pendanaan Penelitian Kompetitif Nasional dan Penugasan Perguruan Tinggi Skema Penelitian Kerjasama Perguruaan Tinggi (PKPT) Tahun Anggaran 2022 Tahap Pertama. Usulan penelitian yang bekerjasama dengan Tim Dosen Peneliti dari Universitas Diponegoro sebagai mitra peneliti dengan tema berkaitan dengan Pengembangan Primer Kit PCR sebagai alat diagnosis Leptospira. Tim Peneliti mencoba mengembangka ide penelitian dengan tujuan untuk pengembangan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) yang mampu mendeteksi bakteri pathogen spesifik dari kasus Leptospirosis. Penelitian ini akan mengembangkan Primer Kit PCR sebagai Alat Diagnosis Leptospirosis dan melakukan pengujian pada sampel hewan dan manusia di Laboratorium. Penelitian mulai dikerjakan pada Tahun 2022-2023 sesuai dengan skema usulan Penelitian skim PKPT yaitu 2 Tahun.

Prestasi akademik Tim Mahasiswa adalah lolosnya Tim Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat dalam ajang Nasional kegiatan Prgram Kreativitas Mahasiswa – Riset Sosial dan Humaniora (PKM-RSH) yang diadakan oleh Belmawa Ristekdikti. Tim PKM-RSH yang beranggotakan 5 orang dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dengan dosen pendamping Dewi Puspito Sari, S.K.M.,M.Kes. Anisa Dewi Suryaningsih sebagai ketua merupakan mahasiswa semester 6 pada Program Studi Kesehatan Masyarakat, dan beranggotakan Nisa Puspita Dewi, Silvi Mursinah Purwanto, Titin Kurniawati, dan juga Aulia Putri Eka Pratiwi yang juga berasal dari Program Studi yang sama. Ide PKM ini berasal dari masih tingginya kasus Covid-19 yang berada di wilayah Sukoharjo ketika proposal ini di tulis. Ketua PKM-RSH mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung lolosnya kegiatan PKM-RSH “Terima kasih kepada Tim PKM Universitas, Tim PKM Fakultas, Dosen Pendamping dan seluruh pihak yang telah membantu kami yang tidak dapat disebutkan satu persatu dalam pengusulan proposal sehingga membuat kami lolos pendanaan tahun ini. Dan kami bersyukur sekali. Harapan kami kedepannya, dilancarkan segala kegiatan pelaksanaan dan dapat membawa nama Universitas tercinta ini menuju PIMNAS pada tahun ini”.

Prestasi luar biasa ditorehkan kembali dari Mahasiswa Program studi  D3 RMIK yang kembali menjadi juara dalam kategori esai pada kompetisi internasional yang diselenggarakan Universitas Duta Bangsa pada 2nd International Competition on Health and Student Exchange (ICOHEX) mengusung tema “Optimizing of Stunting Prevention to Invest in Achievers Generation”. Adapun prestasi tersebut direbut oleh mahasiswi atas nama Dyah Ayu Hapsari (Semester 4) melalui judul esai “Optimizing Information Technology for Stunting Prevention”. Kegiatan ini dilaksanakan pada 30-31 Mei 2022 melalui zoom meeting (daring). Cabang kompetisi yang diikuti adalah Lomba Video Pembelajaran oleh Dosen, Essay, Poster dan Video Kreatif oleh mahasiswa. Kegiatan yang dikemas dalam 2nd International Competition on Health and Student Exchange (ICOHEX) mengusung tema “Optimizing of Stunting Prevention to Invest in Achievers Generation”. 2nd ICOHEX diselenggarakan melalui kerja sama Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah Surakarta, UDB, Universiti Teknologi Mara, Universiti Kuala Lumpur, Huachiew Chalermprakiet University Thailand, Instituto Superior Cristal (ISC) Timor Leste, VIPS Technical Campus India dan University Malaysia of Computer Science & Engineering. Kategori lomba yang diselenggarakan antara lain: Lomba Video pembelajaran untuk Dosen, Lomba Poster, Essay, video kreatif, song cover, dance dan oral speech untuk mahasiswa.

Menambah torehan Prestasi dari Mahasiswa Program studi D3 RMIK yang kembali menjadi juara 3 Lomba Poster Hari Susu Nusantara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peternakan Universitas Veteran Bangun Nusantara atas nama Anisah Artian Mei Untari (Semester 6) dengan judul poster “Pentingnya Susu bagi Kesehatan”. Hari Susu Nusantara yang diperingati Bersama dengan Hari Susu Dunia jatuh pada tanggal 1 Juni dan dieringati sejak 2001. Tahun 2022 tema yang diusung pada peringatan ini adalah enjoy dairy. Melalui tema ini FAO memiliki tujuan untuk berfokus pada keberlanjutan di sektor susu dengan pesan lingkungan sekitar, gizi dan sosial ekonomi.

Diraihnya berbagai prestasi akademik di FKMIK UNIVET BANTARA mulai dari tingkat Nasional hingga Internasional merupakan suatu kebanggaan bagi FKMIK. Dekan FKMIK UNIVET BANTARA, Wartini, S.KM., M.Sc mengucapkan terimakasih kepada Tim Dosen dan Mahasiswa yang berhasil menambah daftar prestasi di FKMIK baik dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan D3 RMIK. “Saya mengucapkan selamat kepada Tim Dosen dan Mahasiswa yang telah berhasil meraih prestasi dalam ajang kompetisi Nasional dan Internasional baik Program Studi Kesehatan Masyarakat dan D3 RMIK, semoga menjadi inspirasi bagi Dosen dan juga mahasiswa, besar harapan kami agar semangat untuk  berkompetisi terus meningkat sehingga menamnah pencapaian prestasi demi kemajuan Program studi secara khusus dan FKMIK secara umum” ujarnya.

BERBAGAI CAPAIAN PRESTASI DOSEN DAN MAHASISWA FKMIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *